Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya - Ikanesia.id

Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya

Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya - Pada artikel kali ini saya akan membahas dan memberikan informasi kepada kalian tentang jenis cumi-cumi segar beserta harganya pasarannya.

Kalian tentu tidak asing lagi dengan yang namanya cumi-cumi, seafood jenis ini memang sangat pupuler apalagi olahannya yang begitu banyak ragam dan jenisnya. Karena tekstur cumi yang empuk dan kenyal sehingga seafood ini sangat cocok apabila disajikan bersama nasi hangat dan sambal.

Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya


Jika kalian penggemar seafood cumi ini pasti kalian tahu aneka jenis cumi bahkan sampai segala macam olahan nya. Baiklah mari kalian simak Jenis cumi-cumi segar beserta harga Pasarnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Beserta Harganya


Jenis Cumi-Cumi Segar Beserta Harganya

1. Cumi Bangka

Yang pertama Cumi bangka, jenis cumi terkenal dengan warnanya yang paling merah dari jenis cumi yang lainnya yang pada umumnya berwarna putih dengan bintik-bintik hitam ataupun merah. Dengan ukuran sekitar 20-30 cm cumi ini termasuk cumi yang berukuran lebih panjang dari jenis cumi yang lainnya, cumi ini pun banyak ditemui dipulau bangka.

Selain itu, daging tebal dan memiliki sirip yang lebar juga merupakan ciri dari cumi bangka sehingga cumi ini sangkat cocok dijadikan olahan yang sangat nikmat tentunya, salah satunya yaitu :

  1. Digulai
  2. Dibakar utuh
  3. Dipotong lalu ditumis
  4. Dibuat campuran sup
  5. Dikeringkan (juhi), atau
  6. Dijadikan kerupuk kemplang (cumi).

Baca Juga :  Harga Bibit Ikan Gurame Terbaru Untuk Budidaya

Untuk harga cumi bangka itu sendiri bisa berbeda-beda setiap daerahnya, namun bisa dikisarkan sekitar kurang lebih Rp 100.000/Kg. Namun untuk kualitas premium biasa nya bisa dibandrol dengan harga yang sangat tinggi loh.

2. Cumi Sero atau Cumi Asin

Cumi yang memiliki ukuran sekitar 10-15 cm ini tentu sering kita temui di pasar tradisonal ataupun di supermarket, cumi ini pun memiliki bentuk yang pipih dan cenderung tubuhnya itu berwarna putih dengan sedikit bintik merah.

Yang banyak sering dijumpai di pasar ataupun di supermarket pun hanya ada dua jenis cumi sero saja yaitu ukuran kecil dan ukuran sedang. Olahan cumi yang biasa dikeringkan biasanya jenis cumi yang berukuran kecil sedangkan yang berukuran sedang biasa nya diolah menjadi tumis ataupun campuran sup bahkan bisa juga diolah dengan cara diiris tipis untuk digoreng tepung.

Untuk harga cumi sero itu pun tentu berbeda setiap daerah nya, tapi dikisarkan harga nya itu dibawah Rp. 100.000/Kg.  

3. Cumi Telur

Cumi telur ini memang hampir sama dengan cumi sero hanya saja yang membedakan yaitu dari segi bagian perut cumi telur yang lebih besar dan menggembung dari pada cumi sero.

Dipasar pun banyak tersedia ukuran kecil dan sedang untuk cumi jenis ini. Cumi ini pun bisa kalian oleh dengan beragam cara diantaranya :

  1. Ditumis
  2. Dijadikan cumi asin kering, atau pun
  3. Dibakar utuh

Untuk harganya cumi telur itu pun berbeda-beda tergantung kualitas cumi itu sendiri. Kalian pasti tau kualitas yang baik tidak mungkin dibandrol dengan harga yang rendah.

Baca Juga : Harga Ikan Salmon Untuk Konsumsi Terbaru 2020

4. Cumi Asin Kering

Cumi asin kering yang dikenal dengan ukuran paling kecil diantara jenis cumi lainnya serta memiliki tekstur yang kering dan rasa yang asin. Namun sebenarnya, cumi asin itu berasal dari cumi sero dan cumi telur yang berukuran kecil yang diproses dengan cara dikeringkan dan diasinkan.

Karena pada proses pembuatannya yang tidak menggunakan bahan pengawet kimia melainkan menggunakan bahan pengawet alami yaitu garam, sehingga membuat cumi asin ini bisa bertahan lama dari pada cumi yang lainnya.

Seperti jenis cumi yang lainnya, harga cumi asin kering pun setiap daerah berbeda pastinya.  Namun untuk kualitas yang bagus cumi asin kering harganya bisa mencapai Rp. 115.000/Kg bahkan mungkin bisa melebih harga tersebut.

Cumi jenis ini paling gampang ditemui di pasar tradisional ataupun supermarket karena cumi jenis ini biasa nya menjadi campuran tumisan bersama bawang merah da cabai. Pecinta seafood pasti tau makanan dari jenis cumi ini.

5. Sotong

Kalian pasti mengira bahwa sotong adalah salah satu jenis cumi-cumi, namun pada kenyataan nya sotong itu berbeda spesies dari cumi-cumi. Dengan bentuk yang hampir mirip cumi-cumi bukan berarti sotong ini tidak mempuyai perbedaan dengan cumi-cumi, perbedaan sotong terdapat pada perutnya yang lebih pipih, lebar, dan mirip perisai.

Sotong mempunyai ciri khas paling unik karena sotong mampu mengubah warnya tubuhnya menjadi berwarna kuning atau coklat saat dijual dipasaran.

Olahan dari sotong pun tak kalah banayak dari olahan seafood lainnya, sebagai contoh sotong bisa diolah degan cara diiris tipis lalu ditumis atau bisa juga menjadi campuran pada sup, bahkan sotong menjadi jajan khas di negara Taiwan yang diolah menjadi sotong yang digoreng menjadi krispi. Kalian pencita seafood wajib mencoba jajan tersebut.

Kalian tentunya tau bahwa seafood jenis cumi dan sotong memiliki cairan berwarna hitam yang pada dasarnya cairan itu akan disemprotan apabila ada predator yang menggangu cumi atau pun sotong tersebut.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Dori

Mungkin kalian pernah berfikir apakah cairan hitam pada cumi dan sotong tersebut aman apabila dikonsumsi oleh manusia? Kalian tenang saja, karena menurut penelitian cairan hitam tersebut sebagian besar adalah asam-asam amino dan turunannya. Sehingga kalian tida perlu khawatir untuk mengkonsumsi nya karena sudah pasti aman bagi tubuh.

Karena memiliki rasa yang gurih cairan hitam pada cumi dan sotong pun banyak digunakan sebagai bahan pewarna alami yang banyak digunakan untuk aneka hidangan pangan, seperti olahan pasta diantaranya (spagethi, macaroni, fussili dan lain sebagainya) bahkan sampai digunakan untuk produk bakery (roti, kue, pau dan lain-lain). 

Perlu kalian ketahui bahwa cairan hitam bukan berarti buruk bahkan berbahaya buktinya cairan hitam pada cumi dan sotong malah banyak bermanfaat untuk memperlezat berbagai jenis makanan.

Bagi kalian pecinta makanan laut seperti cumi-cumi kalian pasti sudah banyak mencoba segala macam olahan nya bukan, dan pastinya bagi kalian yang menyukainya akan terasa enak dan nikmat apabila mngkonsumsinya. Namun ada juga beberapa orang yang mengalami alergi terhadap makanan laut, sehingga mengalami hal sebagai berikut :

  1. Kulit terasa gatal dan kering (eksim).
  2. Sakit perut, diare, mual, dan muntah.
  3. Hidung tersumbat, mengi, dan sesak napas.
  4. Pembengkakan di bibir, wajah, lidah dan tenggorokan.
  5. Kepala terasa pusing, bahkan sampai pingsan.

Nah bagi kalian yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut sebaiknya kalian tidak mengkonsumsi nya seberapa mau pun kalian, daripada akan berakibat fatal bagi diri kalian. Lagi pula masih banyak makanan lainnya yang tak kalah lezat.

Baca Juga : Harga Ikan Lele Untuk Konsumsi Terbaru 2020

Baiklah semoga artikel diatas dapat membantu kalian mengetahui jenis cumi-cumi beserta harga Pasarnya bahkan segala macam olahan nya yang tentunya sangat enak. 





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel