Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ikan Guppy Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat Ikan Guppy Yang Baik Dan Benar - Ikan guppy atau Poecilia reticulata merupakan salah satu ikan hias air tawar yang popular di dunia. Nama guppy sendiri diambil dari nama penemunya yaitu Robert John Lechmere Guppy, ikan ini memdapatkan sebutan sebagai ikan millionfish karena mudah dalam berkembang biak. Masa kehamilan ikan ini hanya membutuhkan waktu 21-30 hari tergantung dengan suhu airnya. Maka tidak heran jika ikan ini sangat popular dan mudah untuk ditemui. 

Cara Merawat Ikan Guppy


Tidak sedikit orang yang tertarik dan memilih ikan guppy sebagai ikan hias tentu saja karena alasan warnanya yang cantik dan perawatan yang cukup mudah, cukup banyak kolektor ikan yang rela berlomba-lomba berburu ikan guppy dengan warna yang cantik. Selain  memiliki warna yang cantik ikan guppy memiliki harga yang relative tidak mahal sehingga sangat layak untuk dijadikan pertimbangan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Guppy Dan Harga Ikan Guppy

 

Cara Merawat Ikan Guppy Yang Baik Dan Benar


Mengatur habitat Ikan Guppy


1. Pilih Aquarium yang tepat untuk ikan guppy

Aquarium yang tepat sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup ikan guppy. Maka idealnya, aquarium yang digunakan untuk memelihara ikan guppy harus memiliki volume air antara 20-40 liter. Jika volume air yang digunakan 40 liter hanya disarankan memelihara 5 ekor ikan guppy saja. Karena jika terlalu banyak ikan guppy dalam aquarium akan membuat aquarium lebih cepat kotor, hal ini bertujuan agar ikan guppy dapat tumbuh dengan sehat.

 

2. Gunakan Sistem filtrasi pada aquarium

Filtrasi pada aquarium sangat dibutuhkan agar aquarium dapat terus bersih tanpa harus sering mengganti airnya. Mengganti air pada aquarium yang terlalu sering dapat menyebabkan ikan mudah menjadi stres. Selain itu, ada beberapa ikan yang membutuhkan suhu air yang pas sehingga kita tidak disarankan untuk mengganti air aquarium seminggu sekali.

 

3. Tambahkan tanaman dan dekorasi kedalam aquarium

Mendesai aquarium layaknya habitat asli ikan guppy sangat dibutuhkan karena mampu membuat ikan guppy menjadi bebas, mudah beradaptasi, dan tidak mudah stress. Tanaman selain menambah estetika aquarium tanaman juga berfungsi sebagai sarana pemantau situasi dan mutu air. Sedangkan Penambahan dekorasi seperti batu karang, kayu bakau, dan batu berwarna sangat bermanfaat karena berkesan natural mampu membuat seakan ikan guppy sedang berada di habitat aslinya.

4. Sediakan Cahaya Di Aquarium

Pada dasarnya, ikan gupi berada dalam lingkungan tanpa cahaya selama 8 jam perhari, karena durasi gelap yang terlalu lama atau sebentar dapat menyebabkan cacat pada pertumbuhan ikan guppy. Menambahkan lampu di atas aquarium dan mengatur waktu untuk memastikan ikan guppy mendapatkan paparan cahaya dalam durasi yang tepat setiap harinya. Atau dapat menyalakan atau mematikan lampu secara manual setiap pagi dan malam.

 

Memberi makan ikan Guppy

1. Berikan makanan yang tepat untuk ikan guppy

Ikan guppy termasuk ke dalam golongan hewan omnivora yaitu bisa memakan hewan atau tumbuhan yang lebih kecil dari dirinya. Namun harus diperhatikan kandungan protein dan gizinya agar ikan guppy dapat tumbuh dengan sehat. Biasanya ikan guppy memakan brine shrimp, pelet cacing tanah, cacing darah kering, white worm, dan larva nyamuk. 

Selain itu Pelet kepingan dengan makanan ikan sebagai bahan utamanya dapat menjadi pilihan yang tepat. Tetapi sebelum membeli makanan untuk ikan guppy disarankan untuk membaca labelnya terlebih dahulu.

2. Beri makan ikan dalam jumlah kecil sebanyak 2-3 kali sehari

Memberi makan juga perlu diperhatikan dari pada memberi makan dalam jumlah besar sekaligus, lebih baik membagi makanan ke dalam beberapa sesi sepanjang hari seperti 2-3 kali sehari. 

Berhati-hatilah memberikan makan secara berlebihan karena ikan gupi dapat menghabiskan makanan dalam waktu yang singkat yaitu 2 menit.

 

Menjaga Kesehatan Ikan Guppy

1. Membersihkan aquarium

Kebersihan aquarium sudah seharusnya diperhatikan agar ikan guppy dapat tumbuh dengan sehat. Filter dalam aquarium harus dapat dipastikan mampu menjaga kebersihan aquarium. Dinding-dinding aquariun juga harus disikat jika sudah tanpak kotor.

2. Perhatikan tanda-tanda penyakit yang mungkin ditunjukkan oleh ikan gupi

Meskipun terkenal jenis ikan yang Tangguh tetapi ikan guppy juga dapat teserang penyakit seperti jamur. Biasanya, jamur muncul di tubuh ikan sebagai titik-titik putih (ich). Jika ikan guppy terserang jamur segeralah diobati dengan menggunakan obat yang di jual di toko ikan.

 

Tips Merawat Ikan Guppy

  • Jangan terlalu banyak menaru ikan guppy dalam jumlah yang banyak dalam satu aquarium
  • Jaga selalu kebersihan aquarium agar ikan guppy teerhindar dari jamur
  • Buatlah aquarium seperti habitat asli ikan guppy agar ikan guppy dapat tumbuh dengan baik dan sehat.
  • Amati PH air untuk menjaga Kesehatan ikan guppy

Itulah beberapa informasi cara merawat ikan guppy yang baik dan benar. Apakah saat ini ada dari kalian yang masih salah dalam merawat ikan guppy ini ?. Semoga dengan artikel ini kalian tidak salah lagi ya dalam hal merawat ikan guppy.
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :