Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Keong Turbo Aquascape, Si Keong Pemakan Lumut

Keong Turbo Aquascape - Keong turbo merupakan spesies keong yang sering sekali digunakan oleh penghobi aquascape sebagai biota untuk memberishkan lumut di aquarium aquascapenya.

Keong Turbo Aquascape

Istilah nama lain atau nama ilmiah dari keong turbo itu sendiri ialah neritina turrita. Selain sebagai pemakan lumut keong ini juga mempunyai berbagai macam manfaat untuk aquascape yang nantinya akan dibahas dibawah, so simak terus artikelnya ya.

Selain banyak manfaatnya keong turbo ini juga mudah didapatkan dan sudah banyak dijual di toko-toko ikan pada umumnya dan harganya pun relatif murah.


Baca Juga : Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium

 

Pada artikel kali ini akan membahas semuanya tentang keong turbo ini, mulai dari :

Habitat Keong Turbo

Habitat asli dari keong ini sebenarnya ada di perairan air payau karena keong ini hanya dapat berkembang biak di air payau. Namun keong ini bisa saja di tempatkan di air tawar hanya saja tidak bisa berkembang biak.

Makanan Keong Turbo 

Sesuai dengan judul pembahasan ini keong turbo si pemakan lumut maka makanan favorit dari keong ini jelas yaitu alga atau lumut. Semua jenis lumut akan dilahap oleh keong yang satu ini.

Perilaku Keong Turbo

Keong turbo pada aquascape mempunyai tingkah laku layakannya keong-keong pada umumnya ialah berjalan dengan sangat lambat dan menempel ke kaca aquarium, ke tanaman aquarium bahkan ke dasar aquarium.

 

Budidaya Keong Turbo

Budidaya Keong Turbo


Karena habitat keong turbo ialah perairan air payau maka akan sangat sulit buat kalian untuk membudidayakan keong turbo ini.

Namun jika kalian bersikeras ingin membudayakan keong ini bisa-bisa saja, ada beberapa langkah-langkah dan tips budidaya keong turbo antara lain : 

1. Sediakan wadah 

Menyediakan wadah bisa berupa kolam atau aquarium untuk temptan perkawinan keong turbo. Minimal kapasitas aquarium atau wadahnya ialah 37 liter. 

2. Siapkan air payau

Jangan menggunakan air tawar, gunakanlah air payau atau air tawar yang di akalin dengan pemberian garam ikan sehingga air tersebut menjadi seperti air payau, hal ini kurang disarankan ya, akan lebih bagus menggunakan air payau murni.

3. Kualitas air

Perhatikan kualitas air dalam budidaya keong turbo ini. Jagalah suhu air diantar 22 derajat celcius hingga 26 derajat celcius agar budidaya keong turbo ini optimal. Dan juga jangan lupa pantau kadar pH pada air aquariumnya di pH 7 sampai pH 8.5.

4. Menjodohkan atau mengawinkan keong turbo

Langkah ini juga merupakan langkah yang sulit karena kita pasti tidak bisa menentukan mana keong turbo jantan dan keong turbo yang betina.

Cara paling gampangnya ialah dengan menaruh beberapa keong turbo ke dalam satu wadah dan memperhatikan tingkah lakunya.

Saat perkawinan berlangsung biasanya keong turbo jantan akan menaiki keong turbo betina.

5. Pisahkan anakan

Setelah proses perkawinan setelah itu bertelur dan menetas maka anakan keong turbo ini sebaiknya dipisahan ke wadah yang banyak mengandung alga atau lumut agar lumut tersebut akan menjadi pakan alami yang dapat membesarkan anakan keong turbo tersebut.

Itulah bebrapa langkah dan tips budidaya keong turbo jika kalian bersikeras dan mau repot untuk mencobanya. 

Selanjut nya ini beberapa manfaat keong turbo yang perlu kalian ketahui.

 

Manfaat Keong Turbo Untuk Aquascape

Gambar Keong Turbo


1. Dapat Membersihkan Lumut

Yang pertama jelas dapat mebersihkan lumut dikarenakn keong ini makanan favoritnya ialah lumut.

2. Membersihkan Kaca Aquarium

Yup, membersihkan kaca aqquarium juga bisa dilakukan oleh keong ini. Jadi pada saat memakan lumut di kaca aquarium maka kotoran atau partikel lainnya ikut kesikat oleh keong turbo ini.

3. Sebagai Hiasan

Keong turbo juga digunakan sebagai hiasan untuk menambah dan mempercantik biota pada aquarium aquascape karena keong ini mempunyai penampilan yang eksotik.


Sekian penjelasan tentang keong turbo si keong pemakan lumut yang cocok sekali untuk aquarium aquascape kalian. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian mengenai dunia aquascape khususnya untuk kenog turbo itu sendiri.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id

Posting Komentar untuk "Penjelasan Keong Turbo Aquascape, Si Keong Pemakan Lumut "

close