Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Anemon Laut Dengan Tepat

Merawat Anemon Laut- Aquascape tidak cuma dipakai dalam aquarium dengan air yang tawar saja loh, namun juga dalam aquarium dengan air laut. Malahan, keindahan daripada aquarium dengan air laut di dalamnya memiliki keindahannya tersendiri. 

Stress dan penat dalam kehidupan sehari-hari karena aktivitas luar rumah merupakan hal yang lumrah terjadi , dan ini mungkin saja bisa diobati dengan cara sehabis kamu pulang dari aktivitas harian kamu kemudian melihat kebersihan dan keindahan aquarium, ditambah suara aliran air dan juga sejumlah kehidupan didalamnya.

Merawat Anemon Laut

Aquascape air laut dan tawar tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan, aquascape dengan menggunakan air laut punya sejumlah kendala. Salah satu dari kendalanya ialah air laut aquascape diwajibkan punya air dengan suhu kurang lebih 25 hingga 27 derajat celcius, apa sebabnya?

Sebabnya, tanaman laut yang terbiasa hidup di air laut ini perlu suhu itu agas proses pertumbuhannya baik. Malahan, untuk beberapa tanaman laut, yang terbiasa hidup di air suhu sekitar 29 hingga 30 derajat celcius, tanaman itu nantinya bisa rontok kemudian berujung mati.

Oleh sebabnya, pada aquascape air laut ini dibutuhkan sebuah chiller yang memiliki fungsi sebagai pendingin air. 

Nah, bila kalian tidak mau gunakan chiller untuk mendinginkan air, Kamu Dapat gunakan anemone untuk penggantinya. 

Baca Juga : Fakta Tentang Ikan Mola Mola

Selain anemon ini berguna untuk menjadi pendingin suhu daripada air laut, adanya sejumlah tanaman laut satu ini tentu dapat membuat  air laut aquascape kamu semakin indah dan cantik.

Oleh sebab itu, merawat anemon laut dengan baik merupakan hal yang benar-benar penting. Lalu gimana dong langkah tepat untuk dapat merawatnya ?

Nah disini kami akan berbagai informasi mengenai bagaimana cara tepat untuk merawat anemon laut. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini ya!  

Cara Merawat Anemon Laut Dengan Tepat

Cara Tepat Merawat Anemon Laut

Anemon laut merupakan tumbuhan laut yang juga menjadi tempat ternyaman sejumlah ikan-ikan laut bertengger, salah satunya adalah ikan badut atau nemo. Ikan yang populer karena menjadi salah satu karakter film kartun ini suka sekali berdiam di anemon laut. 

Selain itu ikan ini juga memiliki banyak fungsi untuk aquarium kamu, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Anemon merupakan pendingin suhu air alami. Kamu berminat merawatnya? Jang lupakan beberapa hal dibawah ini

Apa Itu Anemon Laut, hewan atau tumbuhan?

Sebelum kita mengulas mengenai cara merawat anemon laut. Sebaiknya kita mengenali dulu dengan detail apa sebenarnya anemon laut itu?

Anemon tentu memiliki Klasifikasi ilmiah ia masuk dalam kelas Anthozoa, dan juga subclass Hexacorallia. Termasuk Anthozoa sebab seringkali dijumpai punya polip besar.

Polip besar ini berfungsi  dalam mencerna mangsa-mangsanya yang memiliki ukuran melebihi ukurannya. Ia senang sekali ditemukan nempel di hydra, hewan laut ubur-ubur dan juga karang-karang, oleh sebab itu ia masuk dalam kategori cnidaria.

Kebanyakan orang dan juga mungkin kamu salah satunya menyangka bahwa anemon laut ini merupakan jenis tumbuh-tumbuhan atau bisa juga kamu mengira bunga .

Namun faktanya anemon laut ini bukan tumbuhan ataupun bunga. Anemon laut merupakan salah satu jenis hewan invertebrate. Tetapi jika dibanding hewan-hewan 

invertebrata yang lainnya, anemon  ukurannya jauh lebih besar.

Baca Juga : Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

Apa Itu Anemon Laut


Ciri-Ciri Anemon Laut

Anemon ini memiliki ciri yang cukup unik dan berbeda dengan hewan air lainnya. Warna dan juga bentuk daripada badan  anemon laut ini sangat cantik. 

Ia memiliki tentakel , dan tentakel tersebut biasanya berisi udara-udara yang bisa membuat banyak hias tertarik untuk bermain-main di sela tentakelnya.

Jika kamu cermati, anemon ini memiliki tubuh, yang beberapa diantaranya ialah badan, keping mulut, tentakel dan kemudian pangkalnya loh.

Anemon laut ini suka sekali bertengger perkumpulan terumbu terumbu karang, ia juga makan kemudian beristirahat disana, tetapi sewaktu-waktu ia pergi dalam rangka kabur daripada serangan-serangan musuh, cara ia cukup diam dan ikuti arus dari air. Lucu banget ya?

Baca Juga : Benarkah Ikan Paus Bisa Menangis ?

Ciri-Ciri Anemon Laut

Jenis-Jenis Anemon Laut

1. Anemon Clown

Anemon jenis ini sering disebut dengan "anemone nemo" atau "anemone clown" oleh pedagang. Karena anemon laut merupakan habitat dari ikan badut Perculla "Nemo". Anemon jenis ini sangat mudah untuk dipindahkan, walaupun dipasang pada kaca akuarium, sulit untuk dikeluarkan kecuali jika bergerak dengan sendirinya. Anemon ini biasanya berwarna merah.

2. Anemon Karpet 

Anemon jenis ini memiliki ciri khas pada tubuhnya yaitu jika kita menyentuhnya akan terasa lengket. Biasanya memiliki warna coklat keabu-abuan. Ikan Nemo dan Negro sangat suka hidup di anemon ini.

3. Anemon jagung

Anemon ini biasanya hidup pada ikan barron (ikan badut coklat kemerah-merahan). Disebut anemon jagung karena bentuknya seperti jagung saat mengembang.

4. Anemon Pantat merah

Semua jenis ikan badut juga menyukai anemon ini, dasarnya berwarna merah dan dapat menempel dengan kuat di karang.

5. Anemon Shakui

Anemon jenis ini hadir dalam berbagai warna, termasuk kuning dan putih. Clownfish juga sangat menyukainya.

Tempat Atau Air Yang Cocok Untuk Anemon

Anemon tidak perlu air dengan suhu  yang dingin untuk proses perkembangannya l.  Air suhu yang diperlukan anemon untuk dapat tetap hidup dan berkembang adang berkisar 29 hingga 31 derajat celcius.

Harga Anemon Laut

Jika kamu benar-benar ingin merawatnya, kamu tidak perlu khawatirkan harga. Karena untuk mendapatkan anemon laut ini kamu tidak perlu keluarkan banyak uang.

Sebab untuk harga anemon laut ini bisa terbilang murah dan terjangkau. Yaitu sekitar Rp 20.000 hingga 35.000 rupiah saja. Terjangkau bukan? 

Untuk merawat anemon laut kamu bisa disandingkan dengan ikan badut atau nemo, sebab ikan ini senang sekali bermain di sela sela anemon laut. 

Baca Juga : Mengenal Ikan Napoleon Wrasse

Cara Merawat Anemon Laut Dengan Tepat

Fakta Menarik Anemon Laut

Di sejumlah negara beberapa diantaranya seperti Spanyol, Italia barat daya dan selatan, anemon laut dengan jenis Anemonia sulcata sering dimasak menjadi makanan lezat.

Cara untuk memasaknya orang-orang disana merendamnya dalam cuka, lalu dilapisi di adonan tempura kemudian digoreng pada minyak zaitun. 

Jika kamu melihatnya secara sekilas, anemon yang sudah dimasak ini sama looks dan juga teksturnya dengan kroket, tapi rasanya sangat kental seafoodnya.

Bukan hanya di negara-negara tersebut ternyata di Indonesia juga jadikan anemon laut ini sebagai bagian dari lauk makanan. Namun walau seperti itu, perburuan daripada anemon laut  ini sebaiknya dihentikan saja, guna menjaga populasinya dan banyak sekali ikan yang bergantung hidup dengannya.

Nah itu dia fakta menarik dan juga cara merawat anemon laut dengan tepat, kami harap informasi ini dapat bermanfaat khususnya untuk kamu yang berminat  merawat hewan laut satu ini.

Pesan kami hanya satu, jika sudah memutuskan untuk memeliharanya, maka rawatlah dengan sebaik mungkin, pastikan perkembangan dan pertumbuhan dari anemon laut ini baik.

Terimakasih sudah menyimak artikel ini ya!

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Anemon Laut Dengan Tepat"

close