Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar yang Perlu Anda Ketahui -  Akhir Juni 2018 lalu, masyarakat Indonesia diramaikan dengan temuan ikan Arapaima di sungai Brantas.

Kehadiran ikan Arapaima ternyata membuat keresahan masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, Arapaima menjadi salah satu predator air tawar di Amazon.

Baca Juga : 13 Jenis Ikan Hias Palmas Si Ikan Naga Predator Perenang Dasar Aquarium




Arapaima ini menjadi salah satu dari sekian banyak jenis-jenis ikan predator air tawar. Banyak jenis ikan lain yang tak kalah membahayakan dari Arapaima. Apa saja ikan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Piranha (Pygocentrus Nattereri)

Piranha

Piranha merupakan salah satu predator ganas yang hidup di sungai di wilayah Amerika Selatan. Ikan ganas dengan nama latin Pycocentrud Nattereri ini mampu melahap mangsanya dalam hitungan detik. Predator ini akan memangsa ikan, siput, tumbuhan laut, dan sekelompok serangga yang hinggap di air.

Baca Juga : Jenis Dan Daftar Harga Ikan Piranha

2. Belut listrik

Gambar Belut Listrik

Belut listrik atau Electrophorus electricus merupakan salah satu jenis ikan todak yang ternyata lebih mirip dengan ikan lele daripada belut pada umumnya. Spesies ikan langka ini menghuni lembah Orinoco dan  perairan Amazon. Dua tempat tersebut menjadi tempat mereka mencari mangsa. Salah satu dari sekian banyak jenis-jenis ikan predator air tawar ini akan mempertahankan hidupnya, dengan semburan listrik yang kuat dan mematikan.

Untuk bernafas, Electrophorus electricus akan menghirup udara dari permukaan. Mereka memiliki organ internal khusus yang dapat menghasilkan sengatan listrik lebih besar dari 500 volt. Sengatan belut listrik akan mampu untuk membunuh manusia dewasa. Namun, belut listrik hanya akan menyerang manusia jika dirinya merasa terganggu.

Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

3. Snakehead (Channa)

Snakehead (Channa)

Snakehead atau ikan kepala ular menjadi salah satu predator yang mematikan. Ikan air tawar ini akan dengan mudah mengahabisi hewan air tawar lain. Snakehead dikenal sebagai predator yang rakus dalam memburu makanan. Ia akan memangsa hewan invertebrata, katak, ikan yang lebih kecil darinya, dan makhluk bergerak lainnya.

Baca Juga : 37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya

4. Ikan Muskellunge (Esox Masquinongy)

Ikan Muskellunge (Esox Masquinongy)

Jenis-jenis ikan predator air tawar selanjutnya adalah ikan muskellunge. Ikan dengan nama Esox masquinongy ini menjadi salah satu raja habitat air tawar di Amerika Utara. Ikan ini bisa tumbuh hingga 1,8 meter dengan berat mencapai 32 kilogram. Muskellunge tentu memiliki bentuk badan yang besar dan panjang. Ikan ini juga memiliki yang tajam dan kuat.

5. Pari Air Tawar Raksasa (Himantura Chaophraya)

Ikan Pari Air Tawar Raksasa

Ikan dengan nama latin Himantura chaophraya ini diketahui merupakan salah satu penghuni sungai-sungai di Asia Tenggara dan Australia utara. Ikan pari raksasa ini memiliki panjang mencapai 5 meter dengan berat hingga 600 kilogram. Pada pangkal ekornya, ikan pari memiliki duri yang mengandung racun mematikan. Duri tersebut memiliki ukuran sepanjang 28 cm.


Baca Juga : Jenis-Jenis Stingray Fish


6. Ikan Payara (Hydrolycus Scomberoides)

Ikan Payara (Hydrolycus Scomberoides)

Jenis-jenis ikan predator air tawar yang satu ini mendapat julukan vampir dunia ikan. Hydrolycus Scomberoides banyak ditemukan di perairan tawar Amerika Selatan. Ikan payara memiliki ciri khas berupa taring bawah yang panjang dan tajam. Payara memiliki tubuh dengan warna silver yang mencolok.

Tubuh sepanjang setengah meternya sangatlah licin. Ikan ini juga memiliki gigi tajam yang tentunya mudah untuk menembus daging mangsanya. Mereka akan memangsa jenis ikan apapun, termasuk piranha.


Baca Juga : Cara Membudidayakan Ikan Predator Datz ?


7. Longnose Gar ( Ikan Aligator )

Longnose Gar ( Ikan Aligator )

Longnose Gar Satu dari sekian banyak jenis-jenis ikan predator air tawar yang selanjutnya adalah Lognose Gar. Karena bersifat nokturnal, predator yang satu ini mencari mangsa pada malam hari. Ia menyerang mangsanya dengan menggunakan gigi yang terdapat pada moncongnya yang panjang dan sempit. Agar dapat dengan mudah masuk ke dalam mulut, Longnose Gar akan memutarkan mangsanya hingga beberapa derajat. Ini karena mulut yang dimiliki Longnose Gar sangatlah kecil.


Baca Juga : 8 Jenis Ikan Allіgаtоr Yang Perlu Anda Ketahui


8. Tapah

Gambar Ikan Tapah

Ciri khas dari ikan ini adalah tubuh yang besar dan kumis yang panjang. Predator air tawar ini memiliki deretan gigi yang tajam. Gigi tersebut tentu digunakan untuk mempertahankan diri dan menyerang mangsa.

Predator ini banyak ditangkap secara illegal oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Ini menyebabkan ikan tapah masuk ke dalam jenis-jenis ikan predator air tawar yang terancam punah.

9. RTC ( Red Tail Catfish )

Red Tail Catfish

Red Tail Catfish merupakan sejenus ikan lele yang menjadi salah predator asal Amerika. Red Tail Catfish termasuk ke dalam jenis ikan omnivora. Predator ini tidak hanya akan memangsa sesama ikan saja. Red Tail Catfish juga akan memakan apapun yang masuk ke dalam mulutnya.

10. Goliath Tiger Fish

Gambar Ikan Goliath Tiger Fish

Tiger Fish merupakan predator air tawar yang hidup di perairan Afrika. Ia mampu memakan daging yang lebih besar dari tubuhnya dengan menggunakan gigi tajamnya, Untuk mencari mangsa, tiger fish biasanya melakukannya berkelompok, layaknya piranha.
Predator ini memiliki spesies terbesar, yaitu Goliath Tiger Fish. Ikan ini yang memiliki berat hingga 50 kilogram dan panjang hingga 1,5 meter. Tiger fish termasuk ke dalam jenis-jenis ikan predator air tawar yang sangat ditakuti.

11. Aligator Gar (Atractosteus Spatula)

Gambar Ikan Aligator Gar

Aligator Gar merupakan jenis aligator terbesar di dunia. Aligator gar biasanya memangsa mamalia liar, serangga, ikan kecil, hingga anak buaya. Karena akan merusak ekosistem sungai, Aligator Gar dilarang untuk diperjualbelikan di beberapa negara.

12. Ikan Toman

Gambar Ikan Toman Termahal

Anda mungkin tidak akan asing dengan bentuk dari ikan ini. Pasalnya, ikan toman memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan ikan gabus. Pada dasarnya ikan ini memang termasuk ke dalam family gabus. Namun, toman termasuk ke dalam jenis-jenis ikan predator air tawar.
Hal tersebut karena toman memiliki sifat yang lebih agresif dan terbilang cukup buas. Anda akan menemukan ikan predator ini di perairan tawar Jawa, Papua, Kalimantan dan Sumatera.

Jenis ikan toman paling bagus dan termahal ialah jenis golden toman. Golden toman berbeda dengan jenis toman pada umumnya.


Baca Juga : Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui


13. Lele Raksasa ( Giant Mekong )


Lele raksasa Mekong atau Mekong Giant Catfish merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini hidup di sepanjang perairan keruh di Sungai Mekong, Asia Tenggara, sesuai dengan namanya.
Lele raksasa ini akan terus bertumbuh hingga memiliki panjang 3 meter dan berat 300 Kg. Anda mungkin akan membayangkan seberapa besarnya ikan yang satu ini. Tentu saja, bukan raksasa namanya jika ikan ini berukuran kecil.
Lele raksasa Mekong atau Mekong Giant Catfish juga memiliki gigi yang kuat. Inilah yang menjadikan lele raksasa Mekong termasuk ke dalam jenis-jenis ikan predator air tawar. Anda patut waspada karena ikan jenis ini mampu memangsa manusia.

14. Ikan Candiru

Gambar Ikan Candiru

Candiru sebenarnya memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, yaitu 15 cm. Meskipun demikian, ikan ini ternyata tergolong ke dalam predator yang mematikan. Ikan candiru merupakan parasit yang mampu menyerang manusia melalui lubang-lubang, seperti anus atau saluran kencing.
Candiru akan tinggal pada lubang tersebut dan akan memberikan rasa sakit pada orang yang dihinggapi. Karena ikan ini sangat kecil, satu-satunya cara untuk mengeluarkannya dari lubang adalah operasi.

15. Ikan Pbass

Gambar ikan pbass

Ikan pbass atau biasa disebut ikan peacock bass merupakan ikan yang sedang trend dipelihara oleh hobies di Indonesia. Ikan pbass ini termasuk jenis ikan predator air tawar.
Itulah beberapa jenis-jenis ikan predator air tawar yang mematikan. Meskipun terdapat beberapa ikan yang tidak termasuk ke dalam spesies ikan yang bisa hidup di perairan Indonesia, kita harus tetap waspada dengan keberadaannya. Semoga bermanfaat.


Baca Juga : Jenis Ikan Peacock Bass ( Pbass ) Beserta gambarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel